Tips dan trik sebelum ujian nasional

      Ujian NasionalBeberapa hari lagi saya akan menghadapi ujian nasional. Memang sangat berat untuk menghadapi sebuah ujian tapi mau tak mau memang ujian harus dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar kita selama 3 tahun. Untuk menghadapi sebuah ujian nasional tentunya kita harus mempunyai sebuah persiapan. Ibarat sebelum perang kita harus menyiapkan seluruh strategi, taktik dan juga amunisi.
Saya mempunyai 4 trik dan tips untuk kita yang mau menghadapi ujian nasional.
1. Mempersiapkan diri.
Mempersiapkan diri dengan belajar tentu jadi kunci utama kita sebelum menghadapi ujian. Kita dapat melakukan itu dengan cara kita supaya semua materi dan rumus bisa dikuasai. Tentu saja, semua itu tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu sehari-dua hari, apalagi semalam. Belajar Perlu proses, bukan sulap…. Jadi, akan jauh lebih baik jika kita mulai mencicil belajar jauh-jauh hari sebelum waktu ujian dimulai. Yang tidak kalah penting, lakukan latihan pra-ujian. Dengan mengerjakan soal-soal latihan pra-ujian pasti kita akan lebih siap dalam menghadapi ujian nasional.
1. Ukur kekuatan
Seperti yang sudah saya singgung, seperti halnya ingin perang, coba ukur kekuatan dan kelemahan. Ini penting. Jadi, datalah kekuatan, kemampuan dan kelemahan yang dimiliki berkaitan dengan materi pelajaran. Jadikan kekuatan sebagai motivator dan kelemahan ditutupi dengan strategi belajar yang tepat.
1. Jaga Kesehatan.
Ini salah satu hal yang penting sebelum menghadapi ujian. Penguasaan materi dan rumus tidak akan banyak membantu kalau saat ujian berlangsung tubuh kalian dalam kondisi tidak fit, apalagi sakit. Jagalah kesehatan supaya saat ujian tubuh dalam keadaan bugar, sehat, dan fit. Jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga. Menjelang hari ujian sebaiknya jangan kurang tidur. Beberapa pakar bahkan menyarankan jangan belajar terlalu malam menjelang ujian supaya santai dan fresh keesokan harinya.
1. Siapkan peralatan ujian dengan baik.
Yang satu ini jangan sampai terlewat. Pastikan semua peralatan yang dibutuhkan telah siap, seperti pensil, pulpen, penghapus, tip-eks, dan penggaris. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. Hindari pinjam-meminjam alat tulis. Selain membuang waktu, ini akan membuat orang lain repot pada saat ujian.
Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan. Semoga ujian kita semakin baik dan memuaskan. Dan jangan lupa berdoa ya untuk meminta kelancaran dariNya. Semoga berkat menyertai kita semua. God Bless Us

0 comments:

Post a Comment